7 Langkah Awal Program Hamil Cepat

Konten [Tampil]

Program hamil adalah serangkaian rencana yang harus diusahakan untuk mendapatkan buah hati titipan dari Tuhan Yang Maha Esa. Ini adalah langkah penting yang memerlukan perhatian khusus terhadap kesehatan fisik dan mental seorang perempuan. 

Ada banyak cara untuk program hamil yang bisa dilakukan, namun ada beberapa langkah awal yang dapat memperbesar peluang kehamilan yang sehat. Inilah yang harus dilakukan oleh calon Ibu.

Langkah Awal Program Hamil

Lalu apa sajakah cara-cara agar cepat hamil saat melakukan promil? Anda bisa ikuti cara-cara berikut ini ya!

1. Olahraga Teratur

Olahraga teratur tidak hanya membantu menjaga berat badan yang ideal, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan reproduksi termasuk Rahim.

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah ke organ reproduksi, mengelola keseimbangan hormonal, dan meningkatkan mood secara keseluruhan.

2. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan ideal berperan penting untuk kesehatan calon ibu hamil. Kondisi kelebihan berat badan atau kurang berat badan dapat mengganggu siklus menstruasi dan ovulasi. 

Usaha untuk mempertahankan berat badan yang ideal dapat dilakukan dengan diet menu seimbang dan bergizi. Hindari makanan olahan agar tubuh bisa menyerap makanan yang organik.

3. Nutrisi yang Seimbang

Asupan nutrisi yang cukup dengan gizi seimbang berperan penting untuk meningkatkan kesehatan calon ibu hamil. Pastikan bahwa diet harian Anda terpenuhi, seperti asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin lainnya. 

Asam folat, khususnya, sangat penting selama periode perencanaan kehamilan karena dapat membantu mencegah kelainan pada tabung saraf janin. Jangan konsumsi asam folat saat sudah hamil, melainkan saat promil sudah harus minum asam folat.

4. Konsultasi dengan Dokter

Salah satu langkah awal yang paling penting adalah berkonsultasi dengan dokter sebelum merencanakan kehamilan. 

Kunjungan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi kesehatan Anda dan pasangan. Nggak hanya itu, dokter dapat memberikan saran khusus yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pasangan sebagai calon orang tua.

Kabar baiknya, dokter dapat melakukan pemeriksaan kesuburan, mengevaluasi kondisi kesehatan umum, dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Hingga saat ini, dokter yang recommended untuk menangani program hamil adalah para dokter di RS EMC. Rumah Sakit EMC ini sudah terkenal akan kualitas dan pelayanannya untuk orang-orang yang hendak melakukan program hamil.

5. Periksa Kesehatan Reproduksi

Pemeriksaan kesehatan reproduksi adalah langkah penting untuk menilai kondisi sistem reproduksi Anda dan pasangan. Pemeriksaan ini akan melibatkan evaluasi jumlah dan kualitas sperma, fungsi ovarium, dan kondisi rahim.

Anda akan mendapatkan informasi ini bila melakukan pemeriksaan fertilitas di RS EMC. Ini adalah rumah sakit untuk program hamil yang menyediakan sarana fertility center.

Di Fertility Center RS EMC ini Anda akan dibantu cek kualitas sperma, kondisi rahim, dan bahkan diberi penawaran atau solusi untuk segera mendapatkan momongan.

Tenang saja, dokter-dokter di RS EMC sudah professional dan selalu memberikan pelayanan terbaik sepenuh hati.

6. Hindari Kebiasaan Merokok dan Alkohol:

Merokok dan konsumsi alkohol dapat merugikan kesuburan dan meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhenti merokok dan menghindari konsumsi alkohol sejak sekarang. 

Ini tidak berlaku untuk perempuan saja loh, melainkan untuk laki-laki juga. Merokok pada pria dapat mempengaruhi kualitas sperma, sementara pada wanita dapat mempengaruhi ovulasi dan meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

7. Kelola Stres dengan Baik

Stres yang berlebihan dapat memengaruhi kesuburan pada pria dan wanita. Tekanan emosional dapat mempengaruhi hormon reproduksi dan siklus ovulasi.

Oleh karena itu, Anda harus mampu mengelola stres dengan baik. Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau olahraga ringan dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Kesimpulan

Itulah langkah awal program hamil yang dapat Anda lakukan bersama pasangan. Pastikan Anda konsultasi di dokter kandungan yang tepat dan segera lakukan pemeriksaan fertilitas untuk hasil optimal.

Semoga segera dikaruniai buah hati! Aamiin!


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar