5 Penyebab Haid Tidak Lancar dan Solusi Melancarkan Haid

Assalamualaikum wr wb

Kamu sedang mengalami haid tidak lancar dan tidak teratur? Pasti sedih sekali karena hal ini nggak enak banget buat badan dan perasaan kita. Soalnya haid yang lancar itu berpengaruh ke hormon dan kesehatan kita di masa depan.

Jadi alangkah lebih baik bila kamu mulai mengatasinya sejak sekarang. Bisa diawali dengan rutin minum minuman herbal atau konsumsi minuman untuk melancarkan haid di apotik. Tapi perlu diingat, bahwa prosesnya panjang ya, jadi harus konsisten diminum setiap hari.

Mengapa Haid Penting Bagi Wanita?

Haid, atau menstruasi, adalah suatu proses fisiologis alami yang dialami oleh setiap perempuan untuk menunjukkan kesiapan organ-organnya bereproduksi. Kondisi ini adalah bagian dari sistem reproduksi perempuan yang umumnya dimulai ketika menginjak usia remaja.

Hal ini merupakan siklus bulanan yang terjadi ketika lapisan dinding rahim atau endometrium meluruh karena tidak terjadi pembuahan oleh sel sperma. Kemudian  dikeluarkan melalui vagina bersamaan dengan darah. 

Namun tidak semua perempuan mengalami siklus haid bulanan secara teratur. Ada sebagian perempuan yang mengalami gangguan haid tidak normal. Mulai dari ketidaklancaran siklus, perubahan volume darah yang signifikan, atau rasa sakit yang luar biasa. 

Penyebab Haid Tidak Lancar

Namun terjadinya haid yang tidak lancar, pasti ada alasannya. Hal ini dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan pada organ reproduksi atau hal-hal terkait hormon yang bersangkutan. 

Haid yang tidak lancar atau tidak teratur bisa disebabkan oleh beragam faktor. Beberapa penyebab haid tidak lancar antara lain:

1. Gangguan Hormonal

Terjadi ketidakseimbangan hormon pada tubuh wanita. Jumlah estrogen dan progesterone yang tidak pas, dapat memengaruhi siklus menstruasi. Faktor-faktor lain seperti adanya sindrom ovarium polikistik (PCOS), hipotiroidisme, atau gangguan kelenjar adrenal juga menjadi salah satu penyebab gangguan hormonal yang perlu diwaspadai

2. Pikiran Psikologis atau Stres Fisik

Stres psikologis maupun stres fisik dapat mempengaruhi produksi hormon sehingga berdampak pada siklus menstruasi. Bahkan stres kronis dapat mengganggu keseimbangan hormonal dan menyebabkan ketidaklancaran haid dalam jangka waktu yang cukup lama.

3. Perubahan berat badan

Kenaikan atau penurunan berat badan yang ekstrem dapat mempengaruhi hormon sehingga dapat menyebabkan siklus haid tidak rutin. Bahkan gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia, juga dapat memengaruhi siklus menstruasi bagi seorang perempuan.

4. Olahraga Ekstrim

Olahraga yang berlebihan atau aktivitas yang cukup intens, dapat menyebabkan gangguan hormon. Maka berolahragalah secukupnya agar haid berlangsung secara teratur.

5. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu, seperti endometriosis, fibroid rahim, atau infeksi panggul, dapat memengaruhi siklus menstruasi. Jadi kamu perlu diskusi dengan doktermu untuk tahu apakah kondisi medis tersebut berdampak pada siklus haidmu.

6. Polusi Lingkungan

Percaya atau tidak, paparan zat kimia tertentu dalam lingkungan sekitar, seperti pestisida atau bahan kimia industri, yang berlangsung secara intens, dapat berpengaruh terhadap hormon dan menyebabkan gangguan menstruasi.

7. Pertambahan Usia

Pada awal masa-masa remaja dan sesaat menjelang menopause, umumnya siklus menstruasi terjadi tidak teratur. Namun hal ini termasuk normal dan tidak membahayakan kesehatan.

Nah, itulah 7 penyebab haid tidak lancar yang harus diwaspadai. Beberapa ada yang efek dari lingkungan dan pola hidup kurang sehat, namun sebagian lainnya berasal dari permasalahan di tubuh diri sendiri.

Namun kamu nggak usah khawatir. Apabila kamu mengalami masalah haid yang tidak lancar sehingga khawatir berdampak buruk pada kesehatan reproduksi, maka usahakan segera konsultasi ke dokter. 

Mereka dapat mengevaluasi lebih lanjut dan memberikan saran/perawatan yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

Rekomendasi minuman pelancar haid yang dijual bebas di apotik

Akan tetapi jika kamu ingin mengobati haid secara mandiri dan ingin memperbaikinya secara herbal, alangkah lebih baik bila kamu mengonsumsi minuman herbal pelancar haid secara rutin.

Untuk minuman herbal pelancar haid, kamu tak harus membuatnya sendiri kok. Sekarang sudah ada minuman pelancar haid yang praktis dan dijual bebas di apotik. Jadi kamu tinggal beli aja, lalu dikonsumsi di rumah. Apa saja ya produk minuman untuk melancarkan haid yang ada di apotik?

1. Kunyit Asam Sido Muncul

Ini adalah jamu tradisional untuk melancarkan haid. Ramuan ini sangat legend sejak zaman dahulu kala, yakni perpaduan antara Curcuma Domestica Rhizoma (kunyit) dan Tamarindus Indica Pulpa (asam).

Kombinasi antara ekstrak kunyit dan asam ini sudah dikemas berbentuk serbuk sehingga bisa langsung diseduh dengan air hangat. Usai meminum Kunyit Asam Sido Muncul ini secara teratur, maka jangan kaget bila siklus menstruasimu kembali lancar dan teratur. 

Minumlah Kunyit Asam Sido Muncul ini minimal 1 hari 1 bungkus, atau sesuai kebutuhan. Lalu tuangkan pada ± 150 cc air hangat atau air dingin. Lalu aduk secara merata. Sebaiknya langsung diminum dan usahakan minum setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal agar haid kembali lancar.

2. Kiranti Sehat Datang Bulan

Ini adalah obat herbal yang mampu mengatasi keluhan saat haid, seperti nyeri haid dan bau badan tidak sedap. Tentu saja, dengan mengonsumsi minuman ini secara rutin dapat memperlancar haid. 

3. Herbadrink Kunyit Asam Sirih Plus Madu

Minuman herbal yang satu ini juga berkhasiat untuk melancarkan haid, menyegarkan bau badan, dan membantu mengurangi lendir pada daerah kewanitaan. Larutkan 1 saset ke dalam air panas atau air dingin, lalu dinikmati segera dan konsumsi secara teratur.

Kesimpulan

Nah, itulah penyebab haid tidak teratur yang dilengkapi dengan rekomendasi minuman pelancar haid. Kalau dari saya pribadi, minuman herbal pelancar haid paling enak adalah Kunyit Asam Sido Muncul. 

Soalnya rasanya enak, hangat, dan memberi rasa tenang di perut. Usahakan dikonsumsi secara teratur karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh khususnya organ reproduksi.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar