5 Fakta Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam

Konten [Tampil]

Resah banget ya kalau lihat darah haid berwarna hitam. Ini pertanda apa? Apakah tiba-tiba punya penyakit? 

Mau tanya ke teman tapi malu. Mau tanya ke dokter tapi nggak punya uang banyak buat berobat. Namun jangan berputus asa. Kamu bisa mengatasi darah haid berwarna hitam dengan minuman untuk memperlancar haid.

Haid yang Gak Normal

Setiap bulan perempuan yang sudah akil baligh pasti mengalami menstruasi. Ini adalah aktivitas tubuh yang wajar terjadi pada wanita dan sudah menjadi siklus bulanan.

Namun kekhawatiran akan terjadi apabila ada sesuatu yang berbeda, seperti jadwal tidak teratur, atau warna darah haid yang tiba-tiba berbeda dari biasanya.

Warna darah haid umumnya adalah merah hingga merah pekat. Namun kalau darah haid berwarna hitam, apa yang terjadi?

Darah Haid Berwarna Hitam

Darah haid berwarna hitam ini masih menjadi momok yang menakutkan bagi para perempuan. Namun ini bukan kejadian mistis atau supranatural.

Melainkan darah haid yang berwarna hitam gelap ini merupakan efek dari kondisi tubuh. Ada sesuatu yang berbeda dari tubuh, yang membutuhkan perhatian lebih

Penyebab Kenapa Darah Haid Berwarna Hitam

Lalu, apa yang membuat darah haid berwarna hitam? Sebenarnya, ada beberapa penyebab yang perlu kamu waspadai ketika darah mens berwarna hitam. Apa sajakah itu?

1. Sakit Radang Panggul

Salah satu penyebab lain dari darah haid menjadi hitam adalah adanya penyakit radang panggung yang dialami. Radang panggul adalah infeksi yang terjadi pada saluran reproduksi wanita.

Ini adalah bentuk infeksi yang terjadi karena bakteri dari vagina menyerang rahim, tuba falopi, atau bahkan indung telur.

Jadi, kamu harus lebih memperhatikan ciri-ciri lainnya seperti:

  • Sakit yang tak tertahankan di area panggul
  • Mual dan muntah tak berkesudahan
  • Vagina berbau tidak sedap
  • Demam di atas 38 derajat celcius

Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, ditambah dengan darah haid yang menghitam, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

2. Implantasi Ibu Hamil

Eits, jangan-jangan kamu mau hamil? Sebab, salah satu tanda kehamilan adalah darah menstruasi yang berwarna gelap. Hal ini lantaran akibat adanya implantasi.

Implantasi adalah pendarahan yang terjadi ketika sel telur yang sudah dibuahi selama 6-12 hari menempel pada dinding rahim. Pergerakan sel telur ini dapat menyebabkan keluarnya darah pekat yang masih tersisa.

Jadi hal ini masih tergolong aman dan wajar. Namun alangkah lebih baik bila kamu segera memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan informasi yang ilmiah dari dokter.

3. Endometriosis

Kalau kamu mengalami darah haid hitam selama 7 hari berturut-turut dan merasakan nyeri hebat di area panggul, maka perlu diwaspadai.

Bisa jadi kamu mengalami endometriosis. Apa itu? Endometriosis adalah bertumbuhnya jaringan kista atau polip di luar rahim.

Jadi kalau kamu mengalami darah hitam selama 7 hari, maka sebaiknya segera datang ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Darah Terlalu Lama Mengendap

Darah mens berwarna hitam, terkadang hanyalah ‘darah lama’. Apa itu darah lama? Darah lama adalah darah yang belum keluar, mengendap sekian lama, menggumpal, sehingga membuat warnanya menjadi pekat.

Terkadang, tidak semua darah meluruh semua dengan tuntas. Ada sejumlah darah yang terjebak di dinding rahim, kemudian suatu hari ia keluar bersamaan dan menghasilkan warna hitam.

Selama darah hitam ini tidak menimbulkan gejala seperti kram perut yang dahsyat, tidak perlu khawatir ya!

5. Akhir atau Awal Periode Haid

Pada awal dan akhir periode haid, biasanya aliran darah mengalami penurunan kecepatan. Maksudnya darah haidnya jarang keluar atau tidak terlalu intens.

Ketika darah haid keluarnya lambat, maka darah tersebut akan teroksidasi sehingga berubah warna menjadi hitam. Maka jangan kaget kalau saat awal dan akhir masa menstruasi, kamu mendapati darah haid berwarna hitam.

Rekomendasi Minuman Memperlancar Haid

Tak jarang, ketika darah haid berwarna hitam, biasanya tubuh kita terasa pegal-pegal dan bikin was-was. Seringkali kita was-was karena khawatir haid tidak lancar. Karena bila tidak lancar, maka akan mengartikan hal-hal lain yang butuh diwaspadai.

Maka dari itu, untuk mengatasi haid yang tidak lancar, bahkan haid yang berwarna hitam dapat dibantu dengan minuman pelancar haid, yakni minuman herbal Sido Muncul Kunyit Asam.

Ini adalah minuman herbal memperlancar haid yang terbuat dari bahan-bahan tradisional, seperti:

  • Curcuma Domestica Rhizome Extract – Ekstrak Kunyit
  • Tamarindi Indica Pulpa Ekstrak – Ekstrak Asam Jawa

Perpaduan antara keduanya sering kita sebut sebagai Kunyit Asam. Ini adalah ramuan legendaris dari masa ke masa untuk meredakan sakit atau pegal-pegal kala menstruasi.

Namun ternyata kunyit asam juga dapat membantu memperlancar haid. Hal ini karena kunyit memiliki aktivitas estrogenik yang mirip dengan hormon estrogen wanita. Jadi kunyit dapat membantu perempuan menghadapi siklus bulanannya. 

Kabar baiknya, sekarang kunyit asam sudah berbentuk serbuk. Jadi kamu nggak perlu bikin sendiri atau nungguin  tukang jamu lewat. Dapatkan Sido Muncul Kunyit Asam di minimarket terdekat untuk membantu melancarkan haidmu.

Kesimpulan

Itulah fakta tentang haid yang berwarna hitam beserta penyebabnya. Tidak semua haid berwarna hitam itu menyeramkan. Terkadang hanya butuh dimengerti dan dilancarkan dengan bantuan minuman Kunyit Asam dari Sido Muncul.

Namun ada beberapa penyebab haid berwarna hitam yang perlu kamu waspadai apabila tak kunjung pulih. Bila mengalami kejadian tersebut, maka segera periksakan ke dokter terdekat.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar