3 Cara Mengobati Diabetes Melitus Tipe 2 ke Dokter Spesialis

Konten [Tampil]

Banyak orang yang didiagnosa mengalami Diabetes khususnya Diabetes Melitus tipe 2. Diagnosa ini didapat setelah berkunjung ke dokter untuk mengetahui apa penyakit yang diderita.

Diabetes melitus tipe 2 adalah kondisi kronis yang ditandai oleh tingkat glukosa darah yang tinggi dikarenakan resistensi insulin atau produksi insulin yang tidak mencukupi. Ini adalah masalah kesehatan serius yang dialami oleh jutaan orang di seluruh dunia. 

Mengatasi penyakit diabetes melitus tipe 2 bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya kombinasi yang baik dari berbagai cara, seperti perubahan gaya hidup, konsumsi obat-obatan, dan mungkin juga intervensi medis. 

Cara Mengobat Diabetes Melitus Tipe 2 ke Dokter

Berikut ini adalah 5 cara yang perlu dilakukan untuk mengobati diabetes melitus tipe 2. Ini adalah rekomendasi dari dokter spesialis, khususnya spesialis penyakit dalam yang biasa menangani diabetes.

1. Mengubah Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup adalah langkah pertama yang dapat menurunkan risiko diabetes. Tentu saja cara ini dilakukan tidak dalam waktu yang singkat. Jadi penderita diabetes harus bersabar dalam menerapkan pola hidup yang sehat. 

Untuk Anda yang mengalami obesitas/kegemukan, dapat memperburuk Diabetes Tipe 2. Maka turunkan berat badan dengan melakukan diet sehat dan rajin olahraga. Penurunan angka berat badan yang konsisten dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol gula darah.

Penderita Diabetes Melitus tipe 2 harus menjalankan diet sehat yang ketat. Mulai dari mengonsumi makanan yang kaya serat, rendah lemak jenuh, dan menghindari makanan tinggi gula. Kebiasaan ini dapat membantu menjaga kadar gula darah agar turun dan bisa pada angka normal.

Selain itu, penderita harus mulai merencanakan olahraga yang teratur. Seperti berjalan kaki keliling kompleks, bersepeda, atau berenang. Lakukan secara rutin karena aktivitas ini dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah. 

2. Konsumsi Obat dari Dokter

Datanglah ke dokter, khususnya Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dapat meresepkan obat-obatan untuk membantu menurunkan efek dari diabetes tipe 2. Dokter akan menyarankan 2 macam obat:

a) Obat Oral

Ada beberapa jenis obat oral yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2, seperti metformin. Obat oral diabetes ini dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dengan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

b) Injeksi Insulin

Untuk beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan insulin untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Cara ini biasanya diperlukan jika diabetes tidak tertangani hanya dengan obat oral saja.

3. Memantau Kadar Gula Darah Secara Berkala

Memantau kadar gula darah secara teratur adalah kunci dalam mengatasi penyakit diabetes tipe 2. Dokter spesialis diabetes dapat memberikan petunjuk tentang kapan dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasi gula darah berlebih.

Pengobatan diabetes tipe 2 adalah proses yang berkelanjutan dan harus dilakukan secara terus menerus. Anda harus rajin membuat jadwal temu dengan dokter spesialis untuk memantau progress kesembuhan, meninjau rencana pola hidup sehat, dan membuat penyesuaian jika diperlukan. 

Rekomendasi Dokter Untuk Atasi Diabetes

Lakukan jadwal temu secara rutin dengan dokter spesialis penyakit dalam yang mampu mengatasi masalah diabetes Anda. Salah satu rumah sakit terkenal yang dokternya ahli-ahli diabetes adalah RS EMC.

RS yang tersebar di banyak kota ini, memiliki klinik khusus untuk diabetes, yaknik Klinik Diabetes Terpadu yang ada di Cikarang. Anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam, konsultan endokrin, metabolik, dan diabetes.



Atau Anda bisa cek ke website emc.id untuk cek jadwal dokter spesialis yang berjaga agar pengobatan segera ditangani. Jadi Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sekaligus konsultan endokrin, metabolik, dan diabetes.

Kesimpulan

Mengobati diabetes melitus tipe 2 perlu waktu yang cukup lama, jiwa yang gigih agar konsisten melakukan pola hidup sehat, serta konsultasi berkala dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Jangan menyerah. Teruslah berusaha demi badan yang lebih sehat di kemudian hari. Dengan konsistensi dan kegigihan yang serius, InsyaAllah gula darah pelan-pelan akan turun. Aamiin. Semangat!


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar