5 Cara Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit di Wajah Paling Gampang

Konten [Tampil]

Apakah kamu mengalami kulit wajah yang warnanya tidak rata? Ada yang lebih gelap, ada yang lebih cerah, intinya tidak merata. Hingga membuat kamu bertanya-tanya, ini kenapa sih sebenarnya? Harusnya kan warnanya rata dan sama…

Ternyata, kamu mengalami hiperpigmentasi kulit. Apa itu? Hiperpigmentasi adalah kondisi saat kulit mengalami peningkatan produksi melanin (zat yang memberi warna pada kulit). Jadi warnanya semakin gelap atau kayak gosong.

Penyebab Hiperpigmentasi Kulit Wajah Tidak Merata

Kok bisa? Penyebabnya apa?

Penyebabnya terjadi karena berbagai faktor, seperti terkena paparan sinar matahari yang terlalu lama, peradangan, bekas luka, perubahan hormon, bekas jerawat, dll. 

Namun tenang aja, hiperpigmentasi ini nggak berbahaya secara medis kok. Cuma ya gitu, bisa bikin cewek-cewek nggak pede. Malu keluar rumah. Bela-belain nutupin pake foundation biar tampak cerah dan rata.

Padahal solusinya bukan itu.

Cara Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit Wajah Paling Ampuh

Ada beberapa cara yang lebih aman untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit wajah. Berikut ini saya jelaskan 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk meratakan warna kulit wajahmu. Apa sajakah itu?

1. Rutin Menggunakan Tabir Surya (Sunscreen)

Paparan sinar UV (UltraViolet) adalah salah satu penyebab utama hiperpigmentasi. Kamu tidak bisa menghindari cahaya matahari, namun dapat melindungi wajahmu sebaik mungkin.

Gunakan sunscreen atau tabir surya dengan SPF protection untuk melindungi kulit wajahmu dari paparan sinar UV. Ada ragam sunscreen dengan jumlah SPF yang berbeda. Namun disarankan agar kamu menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 ya.

Gunakan setiap pagi, lalu re-apply hingga siang hari agar kulit wajahmu tetap aman sentausa. Cuaca mendung atau bahkan cuma berada di dalam ruangan pun usahakan tetap pakai sunscreen ya, soalnya sinar UV dapat menembus awan dan kaca.

2. Menjaga Pola Hidup Sehat

Kulit yang tidak terhiperpigmentasi adalah kulit yang sehat. Kulit yang sehat dapat dibangun dari pola hidup yang sehat pula. Seperti apa gaya hidup sehat yang mempengaruhi kulit wajah?

Contohnya rutin mengongumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Makanan alami tersebut dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, kamu juga harus menghindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alcohol berlebihan. Karena kebiasaan buruk tersebut dapat mempercepat penuaan kulit dan semakin memperparah kondisi hiperpigmentasimu.

3. Terapi Laser Fractional CO2

Kalau kamu sudah tidak sabar dan tidak mampu menahan warna kulit yang tidak merata, kamu bisa lakukan cara instan yang aman. Yakni terapi laser seperti laser CO2 fractional.

Terapi ini menggunakan sinar laser yang akan memncarkan cahaya panjang gelombang tertentu untuk menghasilkan panas sehingga dapat menghancurkan sel-sel kulit yang rusak atau yang terkena hiperpigmentasi. 

Setelahnya, lapisan kulit akan terangsang untuk meregenerasi sel-sel kulit baru yang lebih cerah dengan warna yang merata. Namun Namun, prosedur ini harus dilakukan oleh profesional yang berpengalaman untuk menghindari risiko komplikasi dan efek samping yang tidak diinginkan.

4. Perawatan dengan Bahan Alami

Atau kalau kamu pengen yang lebih aman dan tidak terlalu menguras banyak uang di kantong, maka kamu bisa menggunakan bahan-bahan herbal/alami. Kamu bisa menggunakan cuka sari apel, lidah buaya, susu, air teh hitam, dll.

Kamu bisa membuatnya sendiri secara manual. Mulai dari membeli bahan yang segar atau bagus, lalu mengolahnya dengan tanganmu sendiri agar tetap bersih. Namun bisa juga kok kalau kamu beli yang sudah jadi dalam bentuk masker wajah.

5. Datang ke Klinik Kecantikan Terpercaya

Namun demi keamanan wajah yang menjadi salah satu aset terpenting dalam hidup, maka kamu bisa datang ke klinik kecantikan yang mampu menangani masalah hiperpigmentasi kulitmu, seperti EMC Plastic Surgery & Aesthetic Center.

Ditangai oleh dokter professional, maka kamu bisa merawat dan membenahi kekurangan di wajahmu melalui tindakan non-invasif (non bedah), bedah estetika, hingga bedah rekonstruktif yang didukung dengan teknologi terkini.

Kamu bisa request untuk melakukan peeling, fotona laser, Oxygeneo 3 in 1 super facial, dll. Atau kalau bingung mau treatment apa, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokternya. 

Setelah fix memilih treatment yang tepat untuk bantu memperindah wajahmu, maka dokter bisa melakukan tindakan yang tepat dan didukung oleh alat-alat terbaru, modern, dan canggih.

Untuk mendapatkan konsultasi dan penanganan dari dokter yang profesional, alat-alat yang canggih, serta kepuasan pelayanan dalam hal merawat kecantikan wajah, sebaiknya kamu datang ke RS EMC klinik kecantikan Aesthetic Center yaa…

Nggak akan menyesal deh kalau pulang dari sana. Dijamin permasalahan wajahmu akan menghilang, sementar wajahmu semakin cerah dan sehat.

Kesimpulan

Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kulit hiperpigmentasi atau kelebihan pigmen. Bisa pakai cara yang paling mudah menurutmu.

Perlu kamu ingat ya, bahwa hasil sangat bervariasi karena tergantung oleh berbagai faktor, seperti jenis kulit, tingkat keparahan hiperpigmentasi, hingga konsistensi perawatan.

Jangan lupa konsultasikan kondisi kulitmu kepada dokter secara berkala agar kulit wajahmu tetap berada pada jalur yang aman dan benar.


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar