Pertimbangan Memilih Jenis Metal Detector untuk Jaminan Keamanan Lebih Baik

Konten [Tampil]

Saat ini pencurian dan tindak kejahatan semakin luas. Perlu waspada lebih tinggi, khususnya perkantoran karena ada banyak barang elektronik maupun uang di brankas yang menjadi sasaran pencuri.

Kalau menyiapkan satpam saja di depan kantor, tentu masih kurang. Petugas keamanan harus dilengkapi alat yang lebih canggih untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

metal detector terbaru

Alangkah lebih baik bila satpam di kantor juga dibekali metal detector. Alat ini tidak hanya berguna untuk skrining logam berbahaya di bandara, melainkan di perkantoran yang juga rawan kejahatan.

Sepenting Apa Metal Detector? Apa Fungsinya?

Eits, jangan salah. Perkantoran butuh keamanan tingkat tinggi loh! Para satpam pasti lebih senang jika dibantu dengan metal detector. Hal ini lantaran metal detector memberikan banyak fungsi. Lantas, apa saja fungsi metal detector?

1. Mencegah Pencurian

Metal detector dapat membantu mencegah masuknya benda-benda logam mencurigakan yang akan masuk ke dalam kantor. Contohnya seperti senjata, benda tajam, dan lainnya yang digunakan untuk tindakan kriminal berbahaya.

2. Melindungi Ancaman Terhadap Bom

Kabar baiknya, metal detector juga bisa digunakan untuk mendeteksi bom loh, bahkan mampu mendeteksi komponen logam yang masih berkaitan dengan bahan peledak. Soal pengeboman di kantor, jangan pernah disepelekan. Ini adalah tindakan preventif yang bisa dilakukan untuk menjaga keselamatan karyawan dan keamanan aset kantor.

3. Melindungi dari Perangkat Elektronik Berbahaya

Metal detector juga bisa membantu satpam kantor untuk mendeteksi perangkat elektronik berbahaya yang mungkin dibawa dengan niat jahat. Misalnya seperti alat penyadap, atau alat yang dapat menyebabkan kerusakan pada sinyal, komputer, dan lainnya.

jenis metal detector termurah

4. Mengontrol Akses

Integrasi antara metal detector dengan sistem kontrol akses, dapat memastikan bahwa hanya orang-orang penting dan memiliki izin-lah yang dapat masuk ke dalam kantor atau ruangan khusus. Biasanya hal ini dibutuhkan apabila ingin membahas agenda penting oleh para petinggi.

5. Meningkatkan Kesadaran Keamanan

Secara tidak langsung, keberadaan metal detector dapat meningkatkan kesadaran keamanan orang-orang khususnya para penghuni area perkantoran. Hal ini dapat mendorong orang-orang untuk lebih responsif dan lebih berhati-hati dalam menjaga barang bawaan, di mana pun berada.

Nah, saat ini Anda sudah tahu seberapa penting fungsi metal detector. Jadi jangan ragu untuk membekali petugas keamanan kantor Anda dengan metal detector terbaik.  

Jenis Metal Detector

Mengingat pentingnya metal detector, maka jangan ragu lagi untuk memiliki metal detector yang akan diletakkan di bagian depan kantor. Namun jangan asal-asalan dalam memilih metal detector.

Saat ini, ada 2 jenis metal detector yang bisa Anda pilih. Apa sajakah itu?

1. Handheld Metal Detector

Ini adalah alat deteksi logam yang dapat digenggam oleh tangan. Jadi petugas keamanan cukup memegang handheld metal detector ini dengan 1 tangan. Lalu alat keamanan ini diarahkan menyisir bagian tubuh manusia, mulai dari atas, bawah, kanan, kiri, depan, belakang.

alat pendeteksi logam industri yang bisa dipegang

Handheld Metal Detector dinilai cukup efektif karena tingkat kepekaan akan lebih tinggi bila didekatkan dengan kantong saku atau titik-titik yang dianggap berbahaya.

Alat ini adalah sistem keamanan metal detector yang paling mudah dibawa kemana-mana. Biasanya digunakan oleh para petugas keamanan di mall-mall besar, di gedung-gedung perkantoran, hingga tempat umum yang ramai didatangi pengunjung.

2. Walktrough Metal Detector

Ini adalah metal detector yang berbentuk seperti pintu. Jadi orang-orang dapat melewati pintu keamanan, kemudian badannya akan diskrining mengenai logam berbahaya yang dibawa.

fungsi metal detector

Sistem keamanan yang canggih ini memiliki jangkauan hingga 33 zona (target lokasi). Hal ini memungkinkan agar metal detector mampu mendeteksi seluruh bagian tubuh, mulai dari kepala, tanga, hingga kaki, baik kanan dan kiri.

Keakuratan metal detector ini didukung oleh sensor yang sangat sensitif. Sensonya tertanam di setiap sisi metal detector sehingga dapat dengan mudah mengenali benda-benda logam berbahaya.

Rekomendasi Metal Detector Untuk Kantor

Setelah mengetahui dan memilih jenis metal detector yang pas untuk kantor Anda, kini saatnya Anda mendapatkan metal detector terbaik. Pastikan Anda memilih metal detector yang mumpuni dan awet digunakan dalam jangka panjang.

Anda dapat memiliki alat pendeteksi logam industri ini melalui Kawan Lama. Ini adalah pusat belanja peralatan dan mesin industri terbesar di Indonesia. Alat keamanan kantor seperti metal detector juga tersedia di sini, baik jenis handheld metal detector, maupun walktrough metal detector.

jual beli metal detector untuk keamanan kantor

Kabar baiknya, kini Anda tidak harus datang langsung ke tokonya, melainkan dapat membelinya secara online melalui situs resminya, yakni kawanlama.com. Anda dapat membelinya secara mudah karena websitenya nyaman dan mudah digunakan untuk berbelanja secara online.

Tenang saja, kualitas metal detector yang dijual di Kawan Lama sudah pasti bagus. Hal ini karena perusahaan Kawan Lama ini adalah distributor peralatan dan mesin industri dengan jangkauan yang amat luas. Sudah dipercaya oleh banyak perusahaan, perkantoran, dan lainnya.

Kesimpulan

Jadi, Anda tidak perlu ragu memiliki metal detector untuk keamanan kantor. Sebab Anda telah mengetahui jenis metal detector yang pas untuk kantor Anda.

Tak hanya itu, kini Anda juga sudah mengetahui fungsi metal detector agar dapat digunakan secara tepat. Kabar baiknya, ini Anda telah mengetahui tempat beli metal detector untuk perkantoran yang bagus, yang memiliki sensitivitas sensor sangat tinggi, serta awet digunakan dalam jangka panjang.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

17 komentar

  1. Dulu selain di bandara, Mall juga ada screening pengunjung pakai Handheld Metal Detector kayak gini. Sekarang rasanya santai aja masuk Mall. Mungkin udah terdeteksi ya pakai Walktrough Metal Detector...Masih ada sih gerbang-gerbang kayak gini di pintu masuk.

    BalasHapus
  2. Wow metal detektor sekarang bisa dijual bebas ya? Kawan Lama jadi rujukan nih sepertinya
    Penasaran dengan harganya kisaran berapa ya?

    BalasHapus
  3. Kalau ada situs yang menjual metal detector seperti Kawan Lama ini, kayanya bukan cuma mall, bandara, hotel, sama kantor aja yang bisa pakai, swalayan kecil pun juga bisa pakai yaa

    BalasHapus
  4. Pernah kejadian waktu dulu kerja kasir, kebetulan duduk sama partner laine, kondisi ramai. Eee ada customer balik marah" gegara metal detector ada yg belum kelepas di baju. Usut diusut itu bukan aq yang ngelayani. Tapi yang kena aku karena temen ku dah pulang. Harus hati-hati sich dalam penggunaan metal detector ini.

    BalasHapus
  5. Wah, saya tahunya metal detector itu yang biasa dipegang para petugas security. Untuk yang mirip pintu, saya juga kerap melihatnya di pusat perbelanjaan. Ternyata yang seperti itu namanya metal detector juga, ya.

    BalasHapus
  6. Ada beberapa mall yang pakai handled metal. Detektor. Banyak. Yang nhhak pakai. Dulu lertama melewati kayak. Gini itu takut

    BalasHapus
  7. Dulu takut kalau harus melewati metal detektor ini, tapi pas udah paham santai aja sih

    BalasHapus
  8. Penting' sekali memilih metal detector yang bagus buat menjaga rumah lebih aman

    BalasHapus
  9. Metal detector ini bisa dibilang salah satu peralatan yang dibutuhkan oleh tempat usaha ya
    Gedung perkantoran biasanya yang banyak memasang meta detector

    BalasHapus
  10. Kere banget metal detektor sekarang bisa mendeteksi bahan peledak. Ini sangat meringankan petugas keamanan banget dan tentunya keamanan lebih terjamin

    BalasHapus
  11. Metal detector ini bagian dari lapisan keamanan yang lumayan penting sih ya. Terutama untuk fasilitas atau gedung yang memang diakses oleh publik, maka screening pengunjungnya perlu menggunakan tools ini. Makasi sharingnya Kak, saya baru tahu kalau kawan lama ternyata punya produk ini juga.

    BalasHapus
  12. Kalau memasuki mall atau gedung perkantoran di Jakarta umum ada metal detector begini. Ternyata beli peralatannya pun kini mudah saja ya, bisa di perusahaan Kawan Lama, distributor peralatan dan mesin industri dengan jangkauan yang amat luas.

    BalasHapus
  13. Untuk di pabrik, kami menggunakan metal detektor di proses pengemasan akhir untuk mengetahui adakah logam yang lolos ke pengendalian di proses produksi agar tidak sampai ke pelanggan

    BalasHapus
  14. Baru ngeh nih tentang pentingnya metal detector untuk area publik. Ternyata untuk di perkantoran juga perlu yaaa agar terhindar dari hal2 yang tidak diinginkan.

    BalasHapus
  15. Pengen banget tuh pasang metal detector depan rumah
    Apalagi yang sering kucingnya pup depan rumah
    Pengen tahu saja kucing siapa jadi bisa manggil orangnya supaya lihat dan info jangan jadi kebiasaan
    Sudah pasang CCTV tapi gak mempan

    BalasHapus
  16. Nama situsnya unik ya kak, kawanlama.com, ternyata beli sistem keamanan yang canggih seperti ini bisa secara online.

    BalasHapus
  17. wah ternyata metal detector nggak cuma diperlukan di bandara tapi bisa di kantor juga ya. tapi kayaknya di tempat ibadah juga perlu juga metal detector ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi

    BalasHapus

Posting Komentar