Cara Memilih Platform Tanda Tangan Digital yang Tepat dan Aman

Konten [Tampil]

Saat ini kebutuhan tanda tangan digital sudah dirasakan di berbagai lini. Hal ini karena tanda tangan digital sangat memudahkan orang-orang untuk mendapatkan atau memberikan keabsahan dari suatu dokumen.

Tidak lagi repot-repot bikin tanda tangan, terus di foto/scan, kemudian ditempel ke dokumen pdf. Sungguh menyusahkan dan buang-buang waktu.

Seiring berjalannya waktu, kini tanda tangan sudah berbentuk digital yang bisa diakses secara online. Siapapun bisa mendapatkan tanda tangan digital secara cepat tanpa melalui proses yang lama.

tanda tangan digital privy

Namun mendapatkan tanda tangan digital, disarankan untuk tidak sekadar copy lalu paste. Justru ini adalah perilaku berbahaya karena berakibat pada penyalahgunaan tanda tangan orang lain.

Maka dari itu alangkah lebih baik bila apabila Anda mendaftarkan tanda tangan digital Anda ke platform yang tepercaya. Sebab tanda tangan digital yang terdaftar itu memiliki identitas dan berkekuatan hukum.

Jadi Anda nggak perlu khawatir terhadap orang yang menyalahgunakan tanda tangan digital Anda. Karena dapat dibuktikan keasliannya langsung ke platform tanda tangan digital.

Akan tetapi Anda jangan asal-asalan dalam memilih platform layanan tanda tangan digital. Anda harus mendapatkan yang resmi dan sudah diakui Pemerintah Indonesia.

5 Cara Memilih Platform Tanda Tangan Digital yang Tepat dan Aman

Lalu bagaimanakah cara memilih platform tanda tangan digital yang aman dan tepercaya? Yuk simak penjelasan berikut ini:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum memilih platform digital, pertimbangkan dulu hal-hal berikut ini:

  • Jumlah pengguna: Berapa banyak orang pada tim Anda yang menggunakan platform ini? Apakah hanya Anda saja atau akan digunakan dengan tim di perusahaan?
  • Jenis dokumen: Apa jenis dokumen yang akan ditandatangani? Apakah dokumen perusahaan, kontrak bisnis, formulir, dokumen hukum, atau lainnya?
  • Jabatan pengguna: Sepenting apa posisi/jabatan Anda sehingga ttd digital itu dibuat? 

2. Perhatikan Keamanannya

Dikarenakan tanda tangan digital bersifat legalitas yang tidak bisa sembarangan digunakan, apalagi bila ingin dimasukkan ke dalam platform, maka Anda harus memilih platform yang aman.

Coba cek dulu, apakah platform menggunakan enkripsi yang kuat untuk melindungi tanda tangan digital Anda saat ditransmisikan dan disimpan?

Anda juga bisa cek reviewnya terlebih dahulu di mesin pencari atau di media sosial. Sebab tanda tangan Anda berharga dan tidak bisa digunakan semena-mena.

ttd online

3. Kemudahan Pengguna

Pastikan Anda memilih platform yang mudah digunakan, baik oleh orang awam sekali pun. Karena percuma bila platform/website susah diakses dan susah ditemukan proses pembubuhan tanda tangan digital karena sama saja buang-buang waktu.

Jadi Anda bisa cek apakah user interfacenya memberikan instruksi yang jelas, navigasinya memudahkan pengguna, dan terdapat dukungan admin customer service yang cepat tanggap saat dibutuhkan.

4. Layanan Uji Coba

Paling enak kalau memilih platform yang memberikan layanan uji coba secara gratis. Jadi Anda tidak akan merasa rugi untuk mencoba menggunakan tanda tangan digital, sebelum akhirnya berlangganan untuk jangka panjang.

Tidak semua platform tanda tangan digital memberikan  layanan uji coba secara gratis. Maka pintar-pintarlah memilih website tanda tangan digital yang gratis dan aman tepercaya di Indonesia.

5. Biaya Hemat Sepadan

Biaya adalah salah satu unsur penting yang harus Anda pertimbangkan juga. Memang Anda punya budget, tapi untuk berlangganan penyematan tanda tangan digital juga harus dipertimbangkan.

Alangkah lebih baik bila Anda melihat penawarannya terlebih dahulu, baru sesuaikan dengan budget Anda. Semakin besar budget yang dikeluarkan, maka semakin banyak pelayanan dan keterjangkauan yang Anda dapat.

Rekomendasi Platform Tanda Tangan Digital Tepercaya di Indonesia

Dari sekian banyak website atau aplikasi tanda tangan digital di Indonesia, yang nomor 1 adalah Privy. Pelayanannya memuaskan, keamanan terjaga, dan hemat biaya. 

Bahkan Privy ini telah diakui oleh KOMINFO karena telah memenuhi persyaratan teknis untuk menerbitkan tanda tangan digital yang diakui secara legal oleh negara. Keunggulan Privy sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sudah ribuan perusahaan dan jutaan orang menggunakan Privy untuk menyematkan tanda tangan digital secara online. Hal ini sangat memudahkan pekerjaan para profesional untuk lebih bisa hemat waktu, hemat tenaga, dan hemat pikiran. 

privy tanda tangan digital

Anda tidak perlu lagi menunggu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk menerima dokumen lalu membubuhkan tanda tangan di atasnya. Cukup dengan menyematkan tanda tangan digital, maka dokumen sudah sah legalitasnya.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu khawatir soal keamanan data-data pengguna. Privy sudah memenuhi ketentuan pemerintah Indonesia yang tercantum dalam pasal 39 PP 82/2012 tentang pelaksanaan pengujian keautentikan identitas dan pemeriksaan otorisasi pengguna Privy.

Akses masing-masing akun Privy sudah dilindungi oleh password yang berisi minimal 8 digit alfanumerik. Fitur ini dapat mencegah pencurian data pribadi sehingga risiko dapat diminimalkan.

Bahkan Privy memberikan keamanan berlapis mulai dari verifikasi melalui kode OTP (One Time Password) yang dikirim melalui sms dan melalui keamanan biometrik menggunakan fingerprint/retina scanner pada hp.

Kesimpulan

Nah, itulah cara memilih platform tanda tangan digital yang aman, tepercaya, dan hemat biaya. Anda bisa langsung membubuhkan tanda tangan digital di atas dokumen elektronik tanpa menghabiskan banyak waktu.

Sekarang Anda sudah tahu kan, membuat tanda tangan digital yang paling mudah namun tetap terjaga legalitasnya? Yap, cukup ke Privy!

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

11 komentar

  1. wah hebat dan keren banget
    kini sudah ada situsnya

    BalasHapus
  2. Kalau hanya sesekali saja tanda tangan digital, cari yang free kayaknya berisiko juga ya .. perlu cobain Privy yangs udah teruji ini.

    BalasHapus
  3. Menarik niiih khususnya buat pekerja freelance by kontrak kaya aku. Otw ke privyyy

    BalasHapus
  4. Jangan sembarangan ya menggunakan tanda tangan digital ini, kalau belum teruji keamanannya sebaiknya jangan dipakai karena bisa disalahgunakan.

    BalasHapus
  5. Sekarang ini hampir setiap dokumen membutuhkan tanda tangan digital
    Privy adalah rekomendasi untuk tanda tangan digital

    BalasHapus
  6. Baru tahu kalau perlunada tanda tangan digital. Duh gaptek banget diriku. Udahnada aplikasinya lagi, keren

    BalasHapus
  7. Saya jadi penasaran dengan privy ini dan cara penggunaannya. Sepertinya cukup simpel ya tapi ada faktor keamanan seperti sertifikat sendiri yang ditambahkan ke tandatangan kita. Berbeda dengan yang sering dilakukan kebanyakan orang, membuat tandatangan dalam bentuk gambar, lalu dicopy paste.

    BalasHapus
  8. Wah, saya baru tahu ada aplikasi tanda tangan digital. Beberapa saat lalu, saya harus membubuhkan tanda tangan pada sebuah kontrak dengan penerbit buku. Waktu itu, saya belum tahu, ada aplikasi seperti ini. Jadi, bikin tanda tangannya di aplikasi menulis dan itu agak susah membuatnya.

    BalasHapus
  9. kayaknya aku pernah juga nih pakai privy ini waktu harus tanda tangan di berkas invoice. memang lebih gampang sih ketimbang harus copy paste tanda tangan kita. he

    BalasHapus
  10. Sekarang dokumen itu sudah butuh tanda tangan digital, tidak seperti yang biasa digunakan seperti sistem scan tanda tangan sendiri atau bikin cap tanda tangan, jadi lebih simpel dan menjaga keamanan juga buat kita khawatir tanda tangan kita disalahgunakan

    BalasHapus
  11. Privy bener-bener bisa diandalkan yaa..
    Untuk tanda tangan dokumen digital dan keamanannya bisa menggunakan Privy. Mudah dan praktis tanpa khawatir data pribadi bocor.

    BalasHapus

Posting Komentar