Ciri-Ciri Masuk Angin Parah dan Ini Solusinya!

Konten [Tampil]

Ketika badan merasa tidak enak, entah apa sebabnya, seringkali orang-orang menyebutnya sebagai masuk angin. Bahkan kalau badan merasa sangat tidak enak sehingga mengganggu aktivitas, orang-orang menyebutnya sebagai masuk angin parah.

Sebenarnya apa sih masuk angin itu? Apa penyebab masuk angin supaya kita tidak lagi mengalaminya? Lalu bagaimana ciri-ciri masuk angin parah yang harus kita perhatikan? Berikut ini akan kami jabarkan satu persatu.

Apa Itu Masuk Angin?

Masuk angin adalah istilah yang umum digunakan oleh orang-orang di Indonesia untuk merujuk pada kondisi ketika seseorang merasa tidak nyaman atau tidak enak badan akibat terpapar angin dingin atau cuaca yang tidak bersahabat. 

Istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada kondisi yang lebih ringan daripada penyakit yang sebenarnya, seperti flu, batuk, demam, atau penyakit ringan lainnya. 

Penyebab Masuk Angin yang Harus Diwaspadai

Meski sebenarnya istilah masuk angin sering digunakan untuk menggambarkan kondisi umum yang tidak terlalu serius, namun ada beberapa penyebab yang mungkin memicu gejala tersebut. 

Beberapa di antaranya mungkin perlu diwaspadai. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab masuk angin yang perlu diwaspadai:

1. Paparan Cuaca Ekstrim

Orang yang badannya terpapar langsung terhadap cuaca yang dingin atau terkena angin kencang dalam jangka waktu cukup lama, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan masuk angin.

Jadi usahakan kalau sedang berkendara cukup lama, atau berkendara saat malam hari, gunakan jaket yang tebal agar terhindar dari paparan angin kencang dan cuaca yang dingin.

2. Kurangnya Ventilasi Udara

Percaya nggak, kalau sirkulasi udara yang kurang baik juga dapat berpengaruh pada kondisi tubuh? Ruangan yang minim ventilasi udara menjadikan udara kotor terjebak sehingga kadar oksigen atau udara bersihnya berkurang.

Hal ini juga dapat memengaruhi kesehatan pernapasan sehingga dapat memicu gejala masuk angin. Jadi cek kembali ventilasi udara di ruangan, apakah sudah cukup atau tidak, sehingga dapat membuat penghuninya bernafas dengan nyaman.

3. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup juga berpengaruh terhadap tubuh yang rentan masuk angin. Apalagi bila malas makan, suka makan junk food atau processed food, suka begadang malam hari, jarang olahraga, tidak menjaga kebersihan lingkungan, akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Apalagi bila ditambah dengan gaya hidup yang sukanya nongkrong hingga larut malam, maka jangan kaget bila suatu hari akan mengalami masuk angin parah. Maka benahi gaya hidup sehat agar tidak terkena masuk angin.

Waspadai 5 Ciri-Ciri Masuk Angin Parah 

Masuk angin yang dirasakan seringkali memiliki ciri-ciri yang berbeda. Sedangkan masuk angin parah umumnya merupakan kombinasi dari beragam ciri-ciri masuk angin. Lalu apa sajakah ciri-ciri masuk angin yang harus dipahami?

1. Badan Meriang

Seringkali badan merasa tidak enak atau tidak sehat seperti biasanya. Bahkan bisa jadi, badan terasa panas dingin, bahkan menggigil. Terkadang badan juga terasa pegal-pegal, terutama di bagian leher, bahu, dan punggung.

2. Pilek

Ini adalah salah satu gejala yang sering terjadi, yaitu hidung mengeluarkan lendir secara berlebihan atau bahkan hidung merasa tersumbat. Ketika pilek terjadi, maka otak akan susah konsentrasi dalam beraktivitas sehingga diperlukan istirahat yang cukup.

3. Pusing Sakit Kepala

Terkadang kepala yang pusing atau terasa nyeri, baik ringan maupun berat juga bisa menjadi ciri-ciri terjadinya masuk angin.  Jadi jangan sepelekan ketika nyeri kepala, apalagi bila dibarengi dengan ciri-ciri masuk angin lainnya, khawatir menjadi gejala masuk angin parah.

4. Lesu

Seringkali seseorang mengalami kelelahan atau lesu. Badan merasa kurang berenergi dan tidak bersemangat. Apalagi badan yang terasa pegal-pegal karena kecapekan, bisa menjadi salah satu ciri masuk angin.

5. Batuk 

Batuk yang tak kunjung sembuh, juga bisa menjadi ciri-ciri terjadinya masuk angin. Entah batuk berdahak atau tidak, namun bila disertai dengan ciri-ciri yang lain, maka waspadalah karena khawatir terkena masuk angin parah.

Rekomendasi Obat Masuk Angin

Supaya kamu nggak terkena masuk angin parah, maka kamu harus membentengi dirimu dengan rajin minum air putih, mengonsumsi makanan sehat yang tercukupi serat, vitamin, dan proteinnya.

Tak hanya itu, kamu juga perlu membekali sel-sel imun di tubuhmu dengan obat khusus masuk angin, yakni Jamu Komplit Tolak Angin. Cukup minum sekali sehari sebelum tidur, niscaya keesokan harinya badanmu akant erasa lebih segar.

Terdiri dari bahan alami seperti beras kencur, madu, ginseng, dan jahe. Obat tolak angin dari sido muncul ini bisa membantu melegakan pernapasan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana penyebab dan ciri-ciri masuk angin parah. Jadi coba dihindari ya agar tidak mengalami gejala masuk angin parah, karena bisa mengganggu aktivitas.

Jaga pola hidup sehat dan lindungi diri sebaik mungkin agar terhindar dari masuk angin. Kamu juga bisa mengonsumsi obat, vitamin, atau suplemen agar terhindar dari gejala masuk angin parah. 


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

1 komentar

  1. tolak angin andalan aku. Kadang kalau bepergian ga lupa buat bawa tolak angin, soalnya suka tiba-tiba masuk angin
    kalau udah masuk angin, biasanya perut rasanya ga enak buat makan

    BalasHapus

Posting Komentar