Kontribusi PGN Saka Energi Untuk Indonesia

Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Menjaga kelestarian lingkungan, keselarasan alam, hingga ketahanan energi untuk menunjang kehidupan umat manusia harus berjalan beriringan. Itulah yang dilakukan oleh PGN SakaPGN Saka Energi untuk masyarakat Indonesia.

Perusahaan yang terafiliasi dengan PGN Subholding Gas Pertamina ini sekarang sedang menjalani program kerjanya secara berkala untuk menjaga bumi pertiwi tetap lestari. Mereka melakukannya dengan dukungan teknologi yang canggih namun tetap memperhatikan aspek lingkungan.

pgn saka energi

Ini Kontribusi PGN Saka Energi Untuk Indonesia 

Kabar baiknya, program kerja yang dilakukan oleh PGN Saka Energi ini berdampak baik bagi masyarakat. Ada banyak kontribusi yang dilakukan oleh PGN Saka Energi untuk negara, antara lain:

1. Pengurangan Emisi

Demi mengurangi emisi hingga 30% pada tahun 2030, maka PGN Saka melakukan sejumlah langkah praktis. Salah satunya adalah pemasangan panel surya lepas Pantai (offshore) di Sidayu. Tujuannya untuk menyediakan sumber energi mandiri bagi peralatan listrik pada proyek tersebut.

2. Pengelolaan Air Secara Efektif

Menggunakan air secukupnya adalah salah satu cara mudah yang bisa dilakukan oleh masing-masing karyawan, yang kemudian akan berdampak pada warga sekitar. Setiap pekerja di PGN Saka Energi berkomitmen untuk tidak membuang-buang air secara sembarangan, seperti membiarkan kran air tebuka/menyala dengan sengaja.

3. Penanaman Mangrove

Untuk mereduksi emisi gas rumah kaca, maka PGN Saka berupaya untuk melakukan carbon offset, yaitu menyeimbangkan jejak karbon hasil produksi gas bumi di sekitar lokasi. Langkah konkrit yang dilakukan adalah menanam mangrove di sekitar area industri. 

kontribusi pgn saka energi

4. Perlindungan Keanekaragaman Hayati

PGN Saka Energi juga berkomitmen untuk menjaga keanekaragaman hayati. Mulai dari pengelolaan kawasan lindung secara insitu dan eksitu, penyediaan sumber daya manusia yang kompeten untuk melakukan kegiatan perlindungan keanekaragaman hayati, dan lainnya.

5. Pemanfaatan Gas Buang

Supaya lebih maksimal dalam mereduksi emisi sekaligus menghemat energi, maka PGN Saka juga memanfaatkan kembali gas buang. Gas buang yang dihasilkan oleh Gas Turbine Generator (GTG) dipulihkan kembali menggunakan absorption chiller. 

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak kontribusi yang dilakukan oleh PGN SakaPGN Saka Energi untuk Indonesia. Mulai dari penjagaan keanekaragaman hayati, pengelolaan air, pengelolaan limbah, dekarbonisasi, hingga pengelolaan penurunan emisi.

Program-progam ini dilakukan secara berkala dan akan terus ditingkatkan seiring berjalannya waktu. Dengan bantuan teknologi yang canggih dan SDM yang terampil, maka Indonesia tetap akan mendapatkan suppy energi yang baik namun alam tetap lestari.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar