Wujudkan Ruang Bersantai yang Aman di Balkon dengan Tips-Tips Ini

Konten [Tampil]

Dikenal juga dengan serambi, balkon merupakan sebuah ruang tambahan di rumah yang sering kali difungsikan untuk berbagai macam kebutuhan. Apabila Anda ingin membuat sebuah ruang bersantai, teras di atas ini bisa menjadi spot yang tepat.

Artikel ini akan mencoba membahas tentang tips-tips yang bisa dilakukan untuk mendekorasi balcony menjadi ruang bersantai. Tips membuat serambi atas yang aman dan kokoh juga akan dijelaskan pada poin-poin di bawah ini.

sumber gambar: freepik

5 Tips Mendekorasi Balkon Menjadi Ruang Bersantai

Ruang bersantai perlu didekorasikan senyaman mungkin. Apabila Anda ingin mengubah area teras di lantai atas menjadi sebuah ruang bersantai yang nyaman, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan:

1. Meletakkan Furnitur Pendukung

Agar bisa menikmati waktu bersantai dengan lebih nyaman, maka Anda bisa mendekorasikan ruang serambi ini dengan meletakkan beberapa furnitur pendukung. Furnitur-furnitur yang bisa mendukung Anda menikmati suasana dengan lebih santai, di antaranya, yaitu sofa, meja, hingga memasang hammock.

Dengan meletakkan furnitur-furnitur tersebut, Anda jadi bisa bersantai dengan lebih nyaman sembari menikmati pemandangan di sekeliling rumah dan langit di atasnya.

2. Meletakkan Tanaman Hias

Selain perlu mengisi balcony dengan furnitur yang nyaman, Anda juga bisa menambahkan tanaman hias untuk menambah suasana lebih sejuk. Meletakkan beberapa tanaman hias juga bisa dijadikan sebagai cara untuk menghadirkan unsur alam di serambi ini.

Namun supaya tidak membuat Anda repot, pastikan Anda memilih jenis tanaman yang bisa dirawat dengan mudah. Untuk membuat area bersantai menjadi lebih menarik, Anda bisa meletakkan pot tanaman-tanaman hias tersebut di sudut dan menyusunnya dengan rapi.

3. Menambahkan Pencahayaan untuk Malam Hari

Menikmati suasana santai tidak hanya bisa dilakukan saat siang hari melainkan bisa juga saat malam hari. Oleh karena itu, untuk mendukung ruangan bersantai yang nyaman, Anda perlu menambahkan pencahayaan di ruangan tersebut. 

Pilih jenis lampu dengan sinar yang pas. Anda juga bisa memilih desain lampu yang unik agar bisa menambah estetika di ruang bersantai.

4. Memanfaatkan Ruang Sebaik Mungkin

Ukuran serambi atas umumnya tidak begitu besar. Oleh karena itu agar ruang bersantai bisa difungsikan dengan baik, Anda perlu memanfaatkan ruang tersebut senyaman mungkin. Pastikan tidak menaruh terlalu banyak barang agar Anda bisa tetap beraktivitas dengan nyaman di sana.

5. Menggunakan Warna yang Sesuai

Warna menjadi hal yang penting ketika Anda ingin mendekorasi sebuah ruangan. Sebagai ruang bersantai, Anda bisa memilih pewarnaan yang sesuai dengan konsep yang diinginkan. Sebagai contoh, Anda bisa memilih warna-warna netral layaknya abu-abu maupun putih agar menampilkan kesan yang santai.

4 Tips Membuat Balkon yang Aman

Selain perlu memperhatikan dekorasi, penting juga bagi Anda untuk memastikan bahwa ruang serambi atas yang akan dijadikan sebagai ruang bersantai tersebut dibuat dengan aman.

Untuk bisa membuat platform yang aman dan juga kokoh, tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tips-tips agar bisa mewujudkan ruangan bersantai yang aman di balcony antara lain, yaitu sebagai berikut.

1. Menggunakan Material Berkualitas

Faktor penting untuk bisa mewujudkan serambi yang aman dan kokoh, yaitu Anda harus mendukungnya dengan penggunaan material-material berkualitas. Salah satu jenis material yang dinilai tepat sebagai material utama pembuatan serambi, yaitu beton.

Jenis material ini umumnya akan digunakan sebagai material untuk lantai serambi. Dengan menggunakan beton, maka lantai platform akan menjadi lebih kuat terhadap suhu maupun cuaca yang berlangsung, baik itu teriknya matahari maupun derasnya hujan di sekitar hunian.

sumber gambar: freepik

2. Menggunakan Pagar yang Kuat

Tips lain yang juga perlu diperhatikan ketika Anda ingin membuat serambi atas di rumah lebih aman, yaitu Anda perlu memasang pagar untuk menjaga sisi-sisinya. Pastikan Anda menggunakan pagar dengan kualitas yang kuat.

Besi menjadi salah satu material dengan kekuatan yang baik untuk digunakan sebagai pagar atau pembatas. Anda bisa menyesuaikan desain pagar tersebut agar tampilannya lebih menarik. 

3. Menggunakan Waterproofing

Balcony yang lokasinya condong ke arah luar bangunan memerlukan langkah pengamanan yang lebih ekstra agar bisa tetap kokoh. Langkah yang dimaksud, yaitu dengan mengaplikasikan produk waterproof, layaknya waterproofing berbahan semen. 

Fungsi waterproofing semen ialah bisa mencegah masuknya air ke dalam celah beton sehingga meminimalisir kebocoran. Dengan memasang waterproofing, maka area serambi ini akan lebih aman dan bisa meminimalisir risiko kebocoran.

4. Membuat Saluran Air

Penting juga bagi Anda untuk membuat saluran air di area serambi. Dengan begitu apabila kondisi cuaca sedang hujan lebat, air yang masuk bisa mengalir ke saluran tersebut. Dengan dibuatnya saluran ini, maka Anda tidak perlu lagi khawatir munculnya genangan yang bisa saja membahayakan.

Kesimpulan

Balcony atau teras di lantai atas sebuah hunian bisa difungsikan untuk banyak hal, termasuk salah satunya ruang bersantai. Untuk mewujudkan ruang bersantai tersebut, Anda bisa mendekorasikannya dengan cara meletakkan furnitur serta tanaman hias seperlunya, memastikan pencahayaan terpenuhi, hingga mengaplikasikan warna yang sesuai.

Kemudian agar bisa bersantai dengan nyaman, Anda perlu memastikan bahwa area serambi tersebut dibangun secara aman yang didukung dengan penggunaan material berkualitas, pagar yang kuat, membuat saluran air, hingga mengaplikasikan waterproofing semen.

Bicara soal produk waterproof untuk area balcony, Anda bisa mempercayakannya pada produk Sika, yaitu SikaTop®-107 Plus. Ini adalah waterproofing yang baik digunakan untuk internal dan eksternal. Produk ini mampu menutup retakan  di atas beton, mortar, bata, dan baja pada tangki air, kamar mandi, toilet, kolam ikan, hingga balkon.

SikaTop®-107 Plus memiliki sejumlah keunggulan. Komposisinya mudah untuk aplikasi, kedap air, berketahanan yang baik terhadap abrasi maupun pengikisan, ridak beracun untuk tangki air minum, kolam ikan, dan kolam renang, cukup fleksibel, merupakan hasil produksi pabrik dengan kualitas konsisten, serta mudah digunakan dan diaplikasi, cukup mixing kedua material.

Sika merupakan pencetus produk waterproofing semen pertama di Indonesia dan telah memiliki pengalaman hingga 113 tahun. Tidak hanya itu, Sika berpengalaman menangani beragam proyek global. Salah satunya proyek renovasi Museum Zeits di Capetown. 

Jadi, segera gunakan SikaTop®-107 Plus untuk balkon rumah Anda! Informasi lebih lanjut tentang produk waterproofing Sika, klik di sini!

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar