Cara Membuat Lampu Solar Sel Sederhana

4 komentar
Konten [Tampil]

Assalammualaikum wr wb

Panel Surya atau yang sering kita kenal dengan sebutan solar cell merupakan sebuah alat yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Sinar matahari dinilai memiliki energi kekal dimana energi ini tidak akan habis. 

Berbeda dengan bensin atau semacamnya yang suatu hari akan habis. Solar sel juga sangat bermanfaat bagi manusia karena dapat mempermudah pekerjaan manusia terutama pada sektor perindustrian.

cara-membuat-lampu-solar-sel-sederhana

Sebagian orang menganggap bahwa teknologi solar sel cukup sulit untuk diaplikasikan. Padahal sejatinya solar sel sangat mudah untuk diaplikasikan dan dapat dengan mudah dirangkai, khususnya bagi para pecinta rangkaian elektronik. 

Dalam kehidupan sehari-hari, solar sel sering digunakan sebagai sumber tegangan lampu jalan, lampu taman, penyimpan daya (power bank), atau berbagai perangkat lainya. 

Beberapa orang memanfaatkan teknologi ini untuk menghasilkan uang, yaitu dengan membut lampu surya (solar cell) lalu menjualnya. Harga jual lampu solar ini biasanya cenderung mahal, namun sudah instan sehingga kita tidak perlu merakit - rakit lagi. 

Namun bagi yang suka merakit, saya punya cara sederhana dalam memanfaatkan panel surya sebagai lampu solar. Simak yaaaa....

Prosedur Pembuatan Lampu Solar Sel Sederhana

Dalam pembuatan lampu solar sederhana, ada beberapa komponen yang perlu dipersiapkan. Kamu bisa membelinya dengan mudah di toko elektronik dengan harga yang cukup terjangkau. 

Kalaupun ada barang yang harganya paling mahal, jangan khawatir, mungkin itu hanya harga panel surya itu sendiri. Namun tetap saja, cara berikut ini lebih murah dibandingkan dengan harga jual lampu solar yang ada di toko. 

Nah, berikut ini adalah komponen - komponen yang perlu kamu siapkan.

  • Panel Surya 8 Cell 0,5 volt 200 mA
  • Kapasitor 100 microFarat
  • Kapasitor 10 microFarat
  • Transistor TIP 31
  • Resistor 1K ohm
  • Dioda BY 207 / Dioda 5 A
  • Aki motor
  • Kawat Email 0,25 mm (3 meter)
  • Batang ferite

Setelah komponen - komponen tersebut sudah kamu siapkan, maka kamu dapat melanjutkan ke langkah-langkah berikutnya:

1. Desain terlebih dahulu sketsa PCB apabila kamu menggunakan PCB tembaga polos. Namun jika kamu nggak pengen ribet, maka kamu bisa menggunakan white board atau PCB berlubang. Desain rangkaian kurang lebih seperti gambar berikut:

cara-kerja-lampu-solar-sel-sederhana

2. Jika kamu menggunakan PCB polos, maka kamu harus melakukan proses pemindahan desain PCB dari kertas glosy. Termasuk proses penyetrikaan dan pelarutan tembaga dengan fericlorit.

3. Selanjutnya, rangkai komponen yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Rangkailah ke dalam PCB. Perhatikan polaritas dari setiap komponennya krena kesalahan polaritas dapat menyebabkan rangkaian terbakar atau konslet.

4. Setelah memasang komponen sesuai rangkaian, saatnya kamu menguji coba lampu solar yang telah kamu buat. Memang terkesan sedikit rumit, belum lagi jika salah penempatan rangkaian, bisa jadi rangkaian tidak jalan dan perlu dicek ulang. 

Namun cara ini tentu jauh lebih murah bila dibandingkan dengan membeli di toko. Harga jual lampu solar di toko bisa mencapai 2 jutaan, sedangkan jika kamu bisa merakit sendiri, maka biaya yang dikeluarkan mungkin tidak sampai 200 - 300 ribuan.

Cara Kerja Rangkaian Lampu Solar Sel Sederhana

Lalu bagaimana dengan cara kerja rangkaiannya? Cara kerja dari rangkaian tersebut yaitu mengolah sinar matahari menjadi energi listrik melalui panel surya. 

Namun energi listrik yang diserap masihlah sangat kecil, yaitu kurang lebih 4 volt 200 mA. Energi listrik yang kecil tersebut masuk ke rangkaian lalu dikuatkan melalui induksi GGL sehingga menghasilkan energi listrik yang lebih besar. Energi tersebut disimpan lalu dipakai untuk menghidupkan lampu solar. 

Kesimpulan

Nah, sekilas adalah cara-cara untuk membuat lampu solar sel sederhana. Gampang kan? Mudah kan? Murah kan? Seru kan? Silahkan kamu segera mencoba di rumah yaaa...  Semoga artikel ini bermanfaat

Wassalammualaikum wr wb

Related Posts

4 komentar

  1. Panel suryanya bisa dibeli dimana?

    BalasHapus
  2. wah keren ini, kreatifitas nya bagus sekali..mantap mba :)

    BalasHapus
  3. aki motornya bisa diganti baterai tidak??

    BalasHapus
  4. Slmt sore sy mau Tanya kal solar celkuan kurang dari 1mtr dioda nya yg ukuran day anya berapa

    BalasHapus

Posting Komentar