Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hidroponik Sawi Pakcoy dengan Metode Wick Untuk Pemula

Assalamualaikum wr wb

Ada teknik hidroponik yang sederhana, murah dan menguntungkan banget. Namanya adalah hidroponik metode wick. Metode Wick ini juga disebut sistem sumbu tetes. Biasa digunakan untuk tanaman sawi pakcoy.

Targetnya untuk pemula yang belajar hidroponik. Jadinya cocok banget buat pemula seperti kamu yang sedang belajar hidroponik. 

cara-hidroponik-sawi-pakcoy-metode-wick

Cara Hidroponik Sawi Pakcoy dengan Metode Wick

Cara berhidroponik dengan menggunakan metode wick untuk tanaman sawi pakcoy ini mudah banget kok. Bahkan, memang metode wick ini direkomendasikan untuk kita yang baru belajar hidroponik.

Berikut ini adalah cara hidroponik metode wick yang saya sadur dari tweet Mas Baim. Inshaa Allah mudah dilakukan untuk pemula. Selamat mencoba ya.

hidroponik-metode-wick

1. Tentukan Jenis Tanaman Terlebih Dahulu

Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu jenis tanaman yang akan dibudidayakan. Untuk pemula, disarankan menanam sawi pakcoy, selada, kangkung atau bayam. Pada metode ini, akan digunakan tanaman sawi pakcoy

2. Siapkan Alat dan Bahan

Selanjutnya, siapkan alat-alat dasar dan bahan yang dibutuhkan seperti:
  • Benih sawi pakcoy
  • Rockwool
  • Netpot
  • Kain flanet
  • Bak segi
  • Nampan
  • Nutrisi AB mix
  • pH up dan pH down
  • TDS meter
  • pH meter
  • pisau/gergaji besi
  • impraboard

3. Lakukan Semai Benih

Setelah alat dan bahan siap, maka tahap pertama yang harus dilakukan adalah semai. Tahap semai adalah tahap penanaman benih di atas media tanam. Media tanamnya adalah rockwool (karena hidroponik adalah berkebun tanpa menggunakan tanah, maka rockwool adalah gantinya)

4. Masukkan Benih ke Rockwool

Iris rockwool menggunakan gergaji besi/pisau. Iris sampai berbentuk dadu kotak-kotak, lalu tiap irisan dadu diberi lubang dan lubangi dengan lidi/biting. Lalu masukkan benih ke dalam lubang tersebut. 1 lubang 1 benih. Masukkan ke dalam nampan. Basahi dengan air.

rockwool-hidroponik
Sumber gambar: MN Ibrahim

5. Menjaga Kondisi Pada Masa Semai 

Selanjutnya, letakkan hasil semaian di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Jaga kondisi rockwoolnya agar tetap lembab dengan memberi air. Masa semai ini berkisar antara 7-10 hari. Namun tiap jenis tanaman memiliki masa semai yang berbeda-beda.

6. Pindah Tanam

Apabila sudah melewati masa semai, maka selanjutnya adalah tahap pindah tanam. Pada tahap ini, iris rockwool seperti dadu kotak-kotak. Lalu masukkan ke dalam netpot. Jangan lupa netpotnya diberi kain flanel supaya air bisa meresap dan mampu membasahi akar tanaman. Masukkan semuanya ke dalam netpot.

masa-semai-pakcoy
Sumber gambar: MN Ibrahim

7. Beri Nutrisi AB Mix

Ambil bak segi. Isi dengan air. Jangan terlalu penuh. Masukkan sedikit nutrisi AB Mix ke dalam air. Ukur dengan TDS meter. Tetapkan angkanya pada kadar 500-700 ppm (khusus sawi pakcoy. Untuk tanaman lain berbeda kadarnya).

8. Tetapkan Kadar pH

Jika kadar nutrisi sudah sesuai, maka tahap selanjutnya adalah tetapkan kadar pH. Ukur pH air menggunakan pH meter. Pastikan kadarnya ada di angkat 6-7. Jika nilainya lebih dari itu, beri sedikit pH down. Jika kurang dari itu, beri sedikit pH up. Jika sudah pas, maka lanjut ke tahap selanjutnya.

9. Pindahkan dan Dekatkan dengan Sinar Matahari

Tutup bak segi tersebut dengan menggunakan impraboard yang ada lubangnya. Masukkan netpot yang berisi tanaman ke dalam lubang impraboard tadi. Letakkan impraboard di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Setiap hari selalu cek kondisi nutrisi dan pH-nya.

10. Tingkatkan kadar nutrisi setiap minggunya

Jangan lupa, kita juga harus selalu meningkatkan kadar nutrisi setiap minggunya. Berikut catatannya:
  • Minggu 1: 500-700 ppm
  • Minggu 2: 800-900 ppm
  • Minggu 3: 1000-1100 ppm
  • Minggu 4: >1200 ppm
  • Minggu 5: panen
sawi-pakcoy-hidroponik
Sumber gambar: afiendra

Bagaimana? Mudah kan cara hidroponik metode wick untuk tanaman sawi pakcoy? Semoga bisa diterapkan di rumah ya. Pastikan jadi ladang bisnismu. Aamiin…

Untuk informasi selanjutnya seperti cara mengatasi hama, cara panen, dan informasi lainnya seputar hidroponik, silahkan kunjungi instagram saya di http://instagram.com/atapponik.id

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

6 comments for "Cara Hidroponik Sawi Pakcoy dengan Metode Wick Untuk Pemula"

  1. Udah bikin hidroponik buat pakcoy juga, alhamdulillah kemarin panen lumayan buat masak mie. Sekarang mau ngegabungin hidroponik sama akuarium, nyoba ternak patin.

    ReplyDelete
  2. Belum pernah nyoba hidroponik, jadi tertarik juga untuk ngisi halaman depan hidronik. Lumayan kalau panen bisa dikonsumsi sendiri dan dibagikan ke tetangga.

    ReplyDelete
  3. Jadi tertarik buat coba bikin, kayaknya mudah dan asyik.

    ReplyDelete