Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Hemat Sewa Apartemen Bulanan di Kota-Kota Besar

Assalamualaikum wr wb

Sewa apartemen bulanan dapat menjadi pilihan menarik untuk kamu yang sedang mencari hunian di kota-kota besar. Salah satu alasannya adalah karena lebih praktis dalam berbagai hal untuk kegiatan sehari-hari. Lebih hemat loh daripada sewa apartemen harian.

Mulai dari fasilitas yang lengkap, lokasi yang beragam, dan lainnya. Kamu nggak perlu repot untuk mengurusi pemeliharaan bangunan, hingga kemudahan akses ke berbagai kawasan. Apalagi bila kamu hendak sewa apartemen di Jakarta, beuh harus cari yang strategis!

sewa apartemen bulanan jakarta

Menyewa apartemen juga relatif lebih menguntungkan daripada kamu menyewa rumah tapak. Alasannya adalah karena biasanya apartemen akan dibangun di lokasi-lokasi strategis yang memiliki akses mudah, infrastruktur memadai hingga kemudahan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup kamu.

Sedangkan dari segi fasilitas, developer apartemen pasti selalu menyediakan fasilitas yang lengkap untuk menarik calon penyewa atau pembeli. Sehingga kamu bisa menikmati mulai dari fasilitas olahraga, layanan keamanan, fasilitas kesehatan hingga akses mudah ke berbagai pusat perbelanjaan.

7 Tips Hemat Sewa Apertemen Bulanan di Kota Besar

Nah, jadi jika kamu memutuskan untuk sewa apartemen bulanan, maka kamu harus tahu biaya apa saja yang perlu kamu siapkan setiap bulannya.

Karena tidak hanya untuk membayar uang sewa, tetapi juga biasanya ada biaya untuk pemeliharaan atau utilitas. Selain itu, ada beberapa tips sewa apartemen bulanan lainnya yang bisa kamu ikuti di bawah ini.

1. Menentukan Budget Sewa

Seperti yang sudah kamu ketahui, untuk sewa apartemen bulanan kamu harus menyiapkan anggaran ekstra, karena mungkin uang sewa yang kamu bayarkan belum termasuk biaya pemeliharaan dan biaya lainnya.

Jadi dengan memperhitungan biaya bulanan yang harus kamu keluarkan dengan pendapatan kamu setiap bulannya, sebaiknya kamu memilih apartemen yang sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Tentukanlah budget sewa apartemen di awal agar kamu tidak kewalahan di akhir bulan, apalagi jika biaya ini akan menjadi pengeluaran rutin setiap bulannya.

Dan jika ini adalah pertama kalinya kamu tinggal di apartemen, maka kamu juga perlu memperhitungkan biaya pindahan, serta perabotan jika kamu menyewa unit unfurnished.

2. Memilih Unit Sesuai Kebutuhan

Banyak penyewa yang memilih apartemen mereka karena faktor keinginan alih-alih dari segi kebutuhan, contohnya apartemen dengan fasilitas yang super lengkap. 

Padahal yang perlu kamu ketahui adalah, semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan maka semakin mahal biaya sewa yang harus dikeluarkan, dan kamu mungkin tidak membutuhkan semua fasilitas tersebut.

Kamu harus memperhitungkan apakah fasilitas yang ditawarkan akan berguna untuk kamu nantinya, atau kamu malah tidak menggunakan fasilitas itu.

Kamu juga bisa memilih apartemen yang dekat dengan tempat kamu beraktifitas sehari-hari, sehingga kamu dapat menghemat biaya transportasi yang harus kamu keluarkan setiap harinya.

Meski apartemen yang berada di lokasi strategis cenderung lebih mahal, namun apabila memiliki akses yang mudah ke berbagai sarana publik seperti kampus atau tempat bekerja, maka kamu bisa menghemat lebih banyak dari biaya transportasi.

Bahkan ditambah kamu bisa menikmati kemudahan akses ke berbagai tempat lainnya seperti pusat perbelanjaan, tempat hiburan, restoran, rumah sakit, dan lain-lain. 

Salah satu rekomendasi apartemen yang dapat kamu pilih adalah Apartemen Centro City yang terletak di kawasan Jakarta Barat, selain menyediakan semua kemudahan yang kamu butuhkan, apartemen ini juga berada berada di lokasi bebas banjir dengan harga sewa bulanan yang terjangkau. 

Apartemen Centro City juga dikelilingi oleh berbagai pusat perbelanjaan besar seperti Pluit Junction, Emporium, Pluit Village, Citraland, Central Park, Taman Anggrek dan Season City. 

3. Survei Unit Secara Langsung

Meski zaman sudah modern dan semua bisa dilakukan secara online, urusan memilih hunian yang ideal harus tetap dilakukan dengan survey lokasi langsung agar kamu bisa mengetahui gambaran yang lebih lengkap tentang unit yang akan kamu tempati, termasuk fasilitas, sistem keamanan, area parkir, hingga lingkungan sekitar apartemen.

Selain untuk memastikan kenyamanan tinggal kamu, tips ini juga berguna untuk memeriksa apakah unit yang akan kamu sewa memiliki kerusakan yang perlu diperbaiki segera.

Kamu juga bisa memastikan apakah unit tersebut sudah sesuai dengan harapanmu atau yang dipromosikan oleh pemiliknya.

Jangan ragu untuk berbicara dengan pemilik jika kamu menemukan sesuatu yang tidak sesuai atau tidak membuatmu nyaman.

4. Buat Kesepakatan Tertulis

Membuat kesepakatan hitam di atas putih adalah hal terpenting yang tidak boleh kamu lupakan, karena ini dapat menjadi acuan jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik ataupun penyewa apartemen.

Dalam kesepakatan ini, biasanya akan tercantum beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan, mulai dari uang sewa dengan rincian biaya lain yang tertulis lengkap, hingga masa sewa, fasilitas yang didapatkan, serta peraturan yang telah disepakati dan wajib dipatuhi. 

Akan tercantum juga sejumlah sanksi jika terjadi beberapa pelanggaran, misalnya kerusakan unit, fasilitas hingga perabotan.

Jadi, jika ada hal-hal yang membuatmu tidak nyaman, atau hal lain yang kamu inginkan, inilah saat yang tepat untuk melakukan negosiasi kepada pemilik. Setelah semuanya selesai, jangan lupa menandatangani surat kesepakatan tersebut di atas materai.

5. Berikan Dokumen dan Uang Sewa

Setelah kamu menentukan pilihan unit, saatnya melakukan langkah terakhir dalam menyewa apartemen bulanan, yaitu dengan memberikan dokumen pribadi, misalnya KTP kepada pemilik apartemen. 

Terkadang, ada juga pemilik yang akan meminta bukti kemampuan finansial untuk kesanggupan membayar uang sewa dan biaya-biaya lainnya jika ada.

Kamu juga, akan diminta untuk membayar uang muka atau menyerahkan uang deposit sebagai jaminan jika ada kerusakan selama kamu menempati unit apartemen tersebut. 

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena uang jaminan akan dikembalikan jika tidak ada pelanggaran atau kerusakan apapun yang terjadi di akhir masa sewa.

6. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Jika kamu sudah menempati apartemen barumu, maka tips sewa apartemen bulanan berikut ini dapat membantu kamu untuk berhemat sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk membayar biaya sewa nantinya. 

Salah satu cara gaya hidup hemat yang bisa kamu terapkan langsung adalah mengurangi hobi membeli makanan tau jajan di luar. Akan lebih baik jika kamu memasak sendiri, dan membuat bekal untuk dibawa ke kampus atau ke kantor. 

Kamu juga bisa menerapkan kebiasaan untuk tidak menggunakan jasa laundry dan menyuci pakaianmu sendiri, karena banyak penyewa yang tidak menyadari bahwa biaya laundry ikut andil dalam menambahkan biaya bulanan. 

7. Gunakan Situs Properti Jendela360

Jika kamu kesulitan untuk menyewa apartemen bulanan yang kamu inginkan, maka kamu bisa mengunjungi situs Jendela360 yang akan membantu untuk menemukan hunian idealmu. 

Jendela360 memiliki ribuan daftar sewa apartemen murah di kota-kota besar yang dapat kamu sesuaikan dengan kriteria dan kebutuhanmu. 

sewa apartemen bulanan Jakarta

Di Jendela360, informasi setiap unitnya juga tercantum lengkap serta dengan adanya fitur 360 virtual tour kamu dapat melihat unit apartemen secara keseluruhan seolah kamu melakukan survei langsung ke lokasi. 

Dengan Jendela360, kamu dapat lebih menghemat tenaga, waktu dan biaya transportasi. Cukup dengan beberapa klik saja, kamu sudah bisa mendapatkan hunian yang kamu inginkan. 

Itulah 7 cara supaya kamu dapat menghemat sewa apartemen bulanan di kota besar, seperti di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan lainnya. Kita harus pandai dalam mencari apartemen yang terjangkau supaya uangnya bisa dialokasikan ke kebutuhan penting lainnya.

Selamat mencoba!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "7 Tips Hemat Sewa Apartemen Bulanan di Kota-Kota Besar"