Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menjadi Hotelier Hebat dan Berprestasi

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang cara menjadi hotelier hebat dan berprestasi. Untuk kamu para calon hotelier atau para hotelier muda, pasti ingin banget dong menjadi seorang hotelier yang andal? Dengan menjadi hotelier yang berprestasi, maka besar kemungkinan kamu akan naik gaji.

cara menjadi hotelier

Apa Itu Hotelier?

Hotelier adalah orang-orang yang bekerja di dunia perhotelan. Mulai dari pemilik, manager, hingga karyawan. Ketiga posisi inilah yang mampu menggerakkan sebuah hotel agar dapat menarik para pengunjung untuk bermalam di sebuah hotel yang nyaman untuk liburan.

Semakin tinggi geliat pariwisata di Indonesia, berdampak pada semakin menjamurnya keberadaan hotel di Indonesia. Tentu saja membutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak, yakni para hotelier yang mengurus sebuah hotel secara profesional.

5 Cara Menjadi Hotelier Berprestasi

Dari sekian banyak hotelier, pastilah kita ingin menjadi seorang pelayan hotel yang baik, profesional, dapat diandalkan, dan selalu dipercaya. Kalau kita menjadi seorang hotelier yang baik, niscaya kita akan menjadi hotelier yang berprestasi.

Lalu bagaimana cara menjadi hotelier berprestasi? Berikut ini saya akan sharing tentang 5 cara mudah menjadi hotelier yang berprestasi. Simak baik-baik ya!

1. Memiliki Kesan Pertama yang Baik

Seorang hotelier haruslah memiliki kesan pertama (first impression) yang baik. Dari pertemuan pertama, akan menimbulkan kesan pertama yang akan diingat seterusnya.

Lalu apa sajakah hal-hal yang harus diperhatikan seorang hotelier untuk memberikan kesan yang baik? Simak rincian berikut ini:

  • Gunakan pakaian yang rapi dan sopan
  • Manfaatkan 5 S (Senyum, salam, sapa, sopan, santun)
  • Ramah dengan orang lain
  • Percaya diri
  • Disiplin

2. Menguasai Kecakapan Dasar Seorang Hotelier

Seorang hotelier harus memiliki kecakapan dasar yang wajib dikuasai sebelum bertemu dengan orang lain atau tamu. Apa sajakah kecakapan atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang hotelier?

  • Mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan tuntas
  • Mampu mengoperasikan peralatan kerja (setidaknya mau untuk belajar)
  • Menguasai pekerjaan dalam keadaan darurat

3. Memiliki Pengetahuan dan Wawasan yang Luas

Selain itu, seorang hotelier juga harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Setidaknya menguasai tentang seluk beluk perusahaan/hotel tempat kamu bekerja. Apa sajakah? Berikut rinciannya:

  • Visi misi perusahaan/hotel
  • Tata tertib perusahaan/hotel
  • Ruangan di perusahaan/hotel
  • Struktur organisasi/kepengurusan di perusahaan/hotel
  • Objek wisata di sekitar hotel
  • Sosial dan budaya di sekitar hotel
  • Etika dan hukum di sekitar daerah
  • Karakteristik tamu dari berbagai daerah

4. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Seorang hotelier harus mampu berkomunikasi dengan baik. Tahu bagaimana cara menyapa tamu yang baik. Tahu kalimat yang diucap apabila hendak memberikan pertolongan. Oh tentu saja mampu menahan diri dari kata-kata kasar bahkan mampu menanggapinya dengan baik.

Alangkah lebih baik bila kamu menjadi hotelier yang mampu menguasai seluk beluk daerah tersebut. Mulai dari rekomendasi objek wisata, rekomendasi travel agent terpercaya, dan lainnya.

5. Memberikan Infomasi Berdasarkan Referensi

Sebuah hotel untuk staycation tentu butuh inovasi dan pembaruan agar bisnis yang diciptakan bisa lebih baik lagi. Seorang hotelier boleh memberikan informasi mengenai inovasi apabila diminta oleh atasan.

Namun saat hendak memberikan inovasi, alangkah lebih baik bila kamu memiliki referensi terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan referensi tersebut dari media sosial dan mendapatkan data statistiknya dari google.

Kesimpulan

Itulah 5 cara menjadi hotelier yang berprestasi dan disukai atasan. Dengan menerapkan kelima jurus ampuh tersebut, maka dijamin kamu akan mendapatkan penghargaan sebagai hotelier berprestasi.

Semoga kamu berhasil menjadi hotelier yang berprestasi ya!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 komentar untuk "5 Cara Menjadi Hotelier Hebat dan Berprestasi"

  1. aku dulu demen sama drama Hotelier.
    baca ini jadi flasback lagi, ngebayangin kerja di dunia perhotelan

    BalasHapus