Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tata Cara Sedekah Alquran Untuk Penghafal Quran

Assalamualaikum wr wb

Kali ini saya akan sharing tentang pengalaman sedekah dan bagaimana cara sedekah alquran untuk penghafal quran atau untuk masjid. Saya pernah mengalaminya dan saya hendak berbagi cerita. Sekaligus merekomendasikan tempat yang amanah untuk menyalurka al-quran kita.

Kita tuh selalu takjub dengan para hafidz-hafidzah alias para penghafal Quran. Mereka dianugerahi kecerdasan yang luar biasa hingga mampu menghafal kalam Allah. 

Apalagi, tak sembarang orang mampu diberi kesempatan untuk menghafal Quran. Justru hanya orang-orang berhati bersih lah yang mampu meletakkan Quran di dalam hatinya.

cara sedekah alquran untuk penghafal quran

Nggak Bisa Menghafal Quran, Lalu Bisa Bantu Apa?

Namun, untuk kita yang merasa kesusahan menghafal Quran namun tetap ingin menjadi bagian darinya, apa yang harus kita lakukan?

Sederhana kok. Kita bisa membantu kebutuhan para tahfidz dengan menyediakan kitab suci Al-Quran untuk mereka. Mari kita salurkan ke lembaga terpercaya agar bisa tersalurkan dengan tepat.

Yakinlah, sedekah alquran yang kita berikan Inshaa Allah akan menjadi amal jariah yang tak pernah putus ketika kita mati. Apalagi ketika alquran tersebut menjadi sumber hafalan quran para tahfidz, niscaya kita akan mendapatkan pahalanya dari setiap huruf yang terucap.

Tata Cara Sedekah Alquran Untuk Penghafal Quran

Lalu, bagaimana cara sedekah alquran untuk para penghafal quran? Caranya sederhana banget kok. Berikut ini akan coba Kak Ros pandu bagaimana cara sedekah alquran. Termasuk cara sedekah alquran atas nama orang yang sudah meninggal.

1. Niat Sedekah Alquran

Pertama, siapkan niat. Pastikan niatmu baik dan tujuanmu mulia. Gunakan niat utamamu dulu, seperti:

  • Saya berniat menyedekahkan Alquran ini atas nama Bapak Ibu saya yang sudah meninggal. Beliau berdua sudah mendidik saya sebaik ini. Semoga, dengan mensedekahkan alquran atas nama Ibu dan Bapak, dapat menjadi amal jariah untuk mereka berdua.
  • Saya berniat menyedekahkan Alquran karena ingin mendapatkan ridho dari Allah SWT. Saya paham bahwa saya mengalami kesulitan untuk menghafal Al-Quran, jadi izinkan saya untuk memberikan alquran ini untuk para hafidz yang Engkau anugerahi kemampuan menghafal. Semoga, setiap ayat yang mereka hafalkan, juga memberikan pahala yang mengalir untuk saya. Aamiin.
  • Saya berniat menyedekahkan Alquran ini tanpa niat dan maksud apapun. Saya hanya sedih para penghafal Quran menghafalkan kalam-Mu dengan kitab yang sudah usang. Mungkin dengan pemberian Alquran baru ini, dapat meningkatkan semangat menghafal mereka. Aamiin.

Selanjutnya, kamu bisa baca doa niat sedekah seperti ini:

  • “Rabbana taqabbal minna innaka antas sami'ul alim.” 
  • Artinya: Wahai Tuhan kami, terimalah (amalan) kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. 

2. Siapkan Uang 

Saya menyarankan agar kamu tidak langsung buru-buru membeli Al-Quran. Mendingan kamu siapkan uang, baik uang cash maupun chasless. Jadi pastikan manajemen keuangan yang kamu kelola sudah baik ya!

Sependek pengetahuan saya, para tahfidz ini punya alquran yang berbeda berdasarkan cara penghafalan. Yakin deh, mereka tidak menggunakan alquran yang biasa kita pakai.

Mereka punya alquran khusus untuk mempermudah proses penghafalannya. Salah satu yang saya tahu adalah alquran Tikrar (metode menghafal Quran dengan membaca berulang-ulang). Ada lagi wujud alquran lain yang memudahkan para penghafal.

Jadi, alangkah lebih baik bila kita menyiapkan uangnya saja lalu diberikan kepada lembaga penyalur al-quran yang paling amanah.

3. Cari Lembaga Penyalur Alquran Paling Amanah

Mencari lembaga penyalur alquran memang gampang-gampang susah. Kita harus cermat dan cerdas dalam memilih lembaga ini. Pilihlah yang terbaik. Cari tahu lembaga mana yang track recordnya paling banyak. Coba bandingkan saja. 

Saya mungkin bisa membantumu dengan me-list daftar pertanyaan untuk memenuhi keingintahuanmu tentang lembaga penyalur sedekah alquran. Silakan simak baik-baik ya!

  • Lembaga tersebut berkantor di mana?
  • Siapa pendiri lembaga tersebut dan siapa pemimpinnya sekarang?
  • Apa media sosial lembaga tersebut dan bagaimana cara mereka mempromosikan programnya?
  • Siapa sasaran yang akan mendapatkan sedekah Alquran? Apakah termasuk golongan kaum yatim, dhuafa, tahfidz, dan lainnya?
  • Berapa banyak jumlah al-quran yang mereka salurkan setiap tahun?
  • Bagaimana cara mereka melaporkan hasil penyaluran sedekah al-quran?
  • Apakah mereka punya ma’had, pesantren, atau rumah tahfidz?
  • Bagaimana track record mereka?
  • Dll

Mungkin sederet pertanyaan tersebut bisa membantumu menemukan lembaga penyalur sedekah Al-Quran yang paling amanah. Jadi, coba saja kamu cari tahu lembaga sedekah quran yang mampu menjaga amanahmu dengan baik.

4. Baca Profil Lembaga Sedekah Alquran

Lalu, di manakah ada lembaga penyalur sedekah alquran yang paling amanah? Memang saat ini ada banyak lembaga penyalur Alquran. Namun manakah yang amanah dan selalu melaporkan progressnya?

Berikut ini, saya akan merekomendasikan lembaga penyalur alquran terpercaya, yakni Askar Kauny. Berkantor di Cipayung – Jakarta Timur, lembaga non profit ini bergerak di bidang sosial dan pendidikan untuk mencetak generasi penghafal Al-Quran.

Metode yang diterapkan dalam hafalan Quran di Askar Kauny adalah metode Kauny, yakni menghafal Al-Quran semudah tersenyum. Menyelaraskan otak kanan, hati, dan gerakan tangan sehingga mudah dalam menghafal Al-Quran.

sedekah alquran untuk penghafal quran

Apa yang bagus dari Askar Kauny dan mengapa saya merekomendasikannya? Berikut ini adalah jawabannya:

  • Memiliki 589 santri boarding di 41 mahad/pesantren
  • Memiliki 467 rumah tahfizh di Indonesia
  • Memiliki 1 rumah tahfizh di Belanda
  • Memiliki 22.000 anggota komunitas penghafal Al-Quran di 24 negara
  • Memiliki 1.194 guru ngaji yang tersebar di 24 provinsi di Indonesia
  • Memiliki 40 ma’had boarding di Indonesia
  • Memiliki 1 ma’had boarding di Mesir
  • 80% santri merupakan kaum yatim dhuafa
  • Telah menyalurkan Al-Quran kepada 26.955 kepada penerima manfaat pada tahun 2020
  • Sedekah Al-Quran disalurkan kepada para hafizh Quran, para yatim dhuafa, masjid, sekolah, daerah bencana, lapas, dan pelosok pedalaman.

Jadi, sudah paham kan mengapa saya merekomendasikan Askar Kauny untuk menyalurkan niat baikmu yang terwujud dalam bentuk Al-Quran?

Coba kamu baca profil Askar Kauny di websitenya dan media sosialnya untuk mendapatkan insight lebih banyak.

5. Sedekah Alquran Mulai dari 10.000

Selanjutnya, kamu hanya perlu beraksi. Nggak harus nunggu uang sebanyak 80.000 atau 100.000 untuk memberikan sebuah al-quran utuh. 

Justru kamu bisa memulainya dari 10.000 saja. Iya, uang yang terkumpul dari berbagai donatur akan dikumpulkan untuk mendapatkan sebuah alquran yang bagus. Alquran tersebut diberikan kepada seorang tahfidz atau yatim dhuafa yang berhak mendapatkannya.

Jadi, kamu tidak perlu menunggu kaya untuk bersedekah. Cukup mulai dari 10.000 yang kamu khususkan untuk donasi Al-Quran.

Oh tentu saja, sedekah Alquran mulai dari 10.000 hanya bisa dilakukan melalui Askar Kauny ya. Jadi kamu bisa menabung pahala Al-Quran sejak sekarang. Mudah, bukan?

cara menyalurkan sedekah alquran

Kesimpulan

Sekarang, tidak ada lagi alasan untuk kehilangan amal kalam Allah hanya karena bukan penghafal Quran. Kita bisa kok berada di sisi para tahfidz dengan menyediakan kebutuhan mereka.

Jadi, kita bisa bersedekah Al-Quran hanya dengan mendonasikan minimal 10.000 saja. Niscaya, pahala akan mengalir kapanpun hingga kita tutup usia.

Semoga amal jariyah bisa menemani kita di alam kubur. Aamiin.

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Tata Cara Sedekah Alquran Untuk Penghafal Quran"